KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 8

Sesuai janji Pak Zunan, Insya Allaah nilai PJJ minggu lalu dan PJJ hari ini  diposting sore ini pukul 16.00 WIB.


Namun sebelumnya Pak Zunan sedikit membahas materi hari ini. Pada PJJ hari ini, para siswa mengenal dan mempelajari "Mars Muhammadiyah."

Nilai ada di bawah penjelasan materi hari ini (silakan dibaca dengan baik)

Apa judul Mars Muhammadiyah?
Mars Muhamamdiyah berjudul Sang Surya. Coba, kenapa kok Sang Surya? Apa sih Sang Surya itu??
Sang Surya adalah Matahari.  Ingat logo Muhammadiyah adalah matahari yang memancarkan 12 sinar? Ya.. Matahari merupakan ciptaan Allah SWT yang memberikan sinar sebagai penerang sekaligus sumber kehidupan di dunia. Singkat cerita, Muhammadiyah bermaksud dapat memberi penerangan dalam kehidupan beragama maupun dalam bermasyarakat. Insya Allaah besok akan sedikit kita bahas mengenai Gerakan dakwah dan Amal Usaha Muhammadiyah.

Ingat lirik Mars Muhammadiyah bagian ini ya?
“Ya Allah tuhan rabbiku.., Muhammad junjunganku…”
Tuhan bagi seluruh makhluk di dunia ini adalah Allah SWT. Maksudnya, hanya Allah satu satunya “Rabb” atau Tuhan, atau penguasa yang wajib disembah maupun ditaati oleh seluruh makhlukNya. Sedangkan manusia yang pantas kita jadikan sebagai “junjungan” atau idola adalah Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam

Lalu ada jawaban dari siswa kelas 8 yang menarik dan sangat bagus untuk Pak Zunan bahas. Jawaban ini sangat kritis dan bagus untuk ditingkatkan.

Soal nomor 4:
Maksud dari kata "Sami'na wa atho'na" adalah kami mendengar dan kami taat. Apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai seorang anak ketika dimintai bantuan atau diberi perintah oleh orangtua?

Lalu jawaban menarik dari teman kalian adalah sebagai berikut:
“kami mendengar dan taat) bertentangan dengan sifat dasar manusia yang inkuisitif, bertanya dan mencari tahu keyakinan sendiri? Pemahaman itu harus dilihat dari konteks ayat secara lengkap, dan bukan dari kata per kata.”

Begini penjelasannya:
Manusia dengan berbagai sifat alamiahnya tentu saja mempunyai potensi untuk bertanya, mencari tahu, bahkan menolak.

Namun begitu, dalam beberapa hal seperti Aqidah (keyakinan kita dalam bertuhan kepada Allah) kita hanya bisa “sami’na wa atho’na”.
Selain itu Islam mengajarkan kita agar berbakti kepada orangtua. Sehingga jika ada perintah dari orangtua, yang kita lakukan adalah melaksanakan tanpa bantahan. Kecuali bila perintah orangtua tidak sesuai dengan ajaran Islam. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk memahami Islam.

Lalu bagaimana jika bersikap kritis, apakah boleh?
Tentu saja sangat boleh. Salah satu ciri gerakan Muhammadiyah adalah bersikap kritis. Supaya para siswa lebih mudah dalam memahaminya, Insya Allah Pak Zunan jelaskan ketika sudah belajar secara normal di kelas.

Baik, kalau masih ada yang mau ditanyakan atau didiskusikan bisa chat pak Zunan ke nomor 089631663506 atau klik di sini

Selanjutnya Nilai PJJ KEMUHAMMADIYAHAN adalah sebagai berikut:
Bagi siswa yang belum mendapatkan nilai silakan segera menghubungi pak Zunan melalui whatsapp, sekali lagi nomornya: 089631663506 atau klik di sini


NILAI PJJ KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 8A


NILAI PJJ KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 8B

NILAI PJJ KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 8C

Tags :

bm

SiMamath

Admin

Salaam belajar #dirumahaja
Jika ada pertanyaan silakan menghubungi admin lewat whatsapp.

  • SiMamath
  • Wiyoro Lor
  • zebookmail@gmail.com
  • +6289 6316 63506

Post a Comment