paste disini bakuletnik Asas, Maksud, dan Tujuan Muhammadiyah | edu zunanto

Asas, Maksud, dan Tujuan Muhammadiyah



Asas, Maksud, dan Tujuan Muhammadiyah

Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang berasas pada keyakinan Tauhid yang murni (Islam), berpedoman pada al-Qur’an dan Sunah Nabi (Hadist), berwatak tajdid atau pembaharuan, dan senantiasa melaksanakan da’wah Islam dalam seluruh bidang kehidupan dengan tujuan mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.


Asas Muhammadiyah: Muhammadiyah berasaskan Islam
Meskipun pada masa orde baru Muhammadiyah menyesuaikan diri dengan UU no 8 tahun 1985 yang menyatakan bahwa semua lembaga sosial kemasyarakatan harus berasaskan pancasila. Lalu setelah terbit TAP MPR nomor XVIII/MPR/1998 Muhammadiyah kembali berasaskan Islam.


Maksud dan Tujuan Muhammadiyah: Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

  • Menegakkan, berarti membuat dan mengupayakan agar Islam dapat tegak, tidak condong bahkan roboh.
  • Menjunjung tinggi, berarti menempatkan Islam di atas segalanya, mengindahkan, serta menghormatinya.
  • Agama Islam, berarti agama Allah SWT yang diwahyukan kepada para Rasul-Nya sejak zaman Nabi Adam as, Nabi Nuh as, Nabi Ibrahim as, Nabi Musa as, Nabi Isa as, hingga Nabi Muhmmad saw sebagai hidayah dan rahmat Allah kepada manusia sepanjang zaman yang menjamin kesejahteraan hakiki duniawi maupun ukhrawi.
  • Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, berarti masyarakat yang mempunyai kualitas yang baik, yaitu kualitas yang dibina oleh ajaran Islam, masyarakat yang berprikemanusiaan, masyarakat yang mengabdi kepada Allah SWT, masyarakat yang memiliki pertalian dengan Allah dan sesama manusia, masyarakat di mana keutamaan, kesejahteraan, dan kebahagiaan luas merata dan secara umum dapat digambarkan sebagai “baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.”  

SiMamath

Selamat Pagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar